Pages

December 16, 2011

Langit Biru Kota Muntok

Hari ini, tepat satu bulan, saya berada di kota timah ini, di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kabupaten Bangka Barat merupakan salah satu dari 5 kabupaten yang ada dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Muntok berslogankan Kota TIMAH yaitu singkatan dari "Tertib, Indah, Menawan, Aman, Harmonis".

Sejauh ini, kota ini baik menurut saya. Sejuk, hijau, bersih dari polusi, jauh sekali dari hingar bingar seperti kepadatan di kota Palembang.  Berjarakkan 3 jam perjalanan kurang lebih dengan kapal cepat, kita sudah bisa menginjakkan kaki di pelabuhan Tanjung Kalian. Tetapi kalau pelabuhan Tanjung Siapi-api sudah siap beroperasi, jarak tempuhnya bisa dipangkas lagi.

Kononnya, cukup banyak objek wisata di Kota ini, tapi saya belum sempat untuk berputar-putar, karena memang belum ada kesempatan, hehe.. Objek wisata utama tentu saja pantai, yaitu pantai Tanjung Kalian, dan Tanjung Ular.

Tidak hanya itu, Muntok menjadi begitu bersejarah. Sebab, di tahun 1949, beberapa tokoh pendiri Republik Indonesia sempat ditahan dan diasingkan di sini. Ada dua tempat bersejarah yang menjadi saksi perjuangan diplomasi para tokoh seperti Bung karno, Bung Hatta, H Agus Salim, dan sejumlah tokoh lainnya. Wisma Menumbing menjadi saksi sejarah, karena Bung Hatta sempat dikerangkeng di wisma yang berada di Bukit Menumbing, sekitar 10 Km dari kota Muntok. Di sana, ada surat-surat Bung Hatta dan Bung Karno. Selain itu, ada pula mobil Ford bernomor BN 10 yang pernah digunakan para tokoh itu saat diasingkan di Pulau Bangka. Sedangkan, wisma Ranggam adalah saksi sejarah tempat diasingkannya Bung Karno.

Ada juga Danau Sekar Biru, yang terletak di Desa Parit III Jebus, kurang lebih 75 Km dari Ibukota Kabupaten. Sekar Biru berasal dari danau yang berwarna biru. Danau tersebut terjadi karena Tambang Timah UPTB. Danau tersebut ternyata agak unik karena airnya berwarna biru, lain daripada danau yang lain, yang berada di sekitar tempat tersebut.


Itulah sekilas kota Muntok. Masih ada kurang lebih 6 bulan, saya di sini. Sebelum memulai kehidupan di Anestesi. Hosh! ^-^

2 comments: